Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar persamaan diferensial biasa berbasis Wankat and Oreovocz Problem Solving Strategies yang ditinjau berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau pada semester genap 2023/2024. Mahasiswa semester 5 yang berjumlah sebanyak 47 orang. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dipilih untuk mewujudkan tujuan penelitian tersebut. Lembar GEFT dan lembar praktikalitas bahan ajar digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa persentase praktikalitas bahan ajar menurut gaya kognitif field dependent lebih besar (98%) dibandingkan dengan persentase praktikalitas bahan ajar menurut gaya kognitif field independent. (97%). Persentase pada setiap aspek praktikalitas (tampilan bahan ajar, penyajian materi, pembelajaran, dan manfaat bahan ajar) menurut gaya kognitif field dependent lebih besar (98%, 94%, 97% dan 91%) dibandingkan dengan persentase pada setiap aspek praktikalitas (tampilan bahan ajar, penyajian materi, pembelajaran, dan manfaat bahan ajar) menurut gaya kognitif field independent (97%, 91%, 94%, 85%).
Copyrights © 2024