Di era dimana teknologi semakin maju, kebutuhan barang-barang seperti laptop menjadi sangat tinggi. Masalah yang sedang dihadapi saat ini adalah banyaknya merk laptop dengan spesifikasi yang hampir sama membuat para konsumen bingung dalam menentukan laptop sesuai kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu toko ecclesia computer dalam memberikan saran kepada konsumen khususnya mahasiswa teknik informatika dalam memilih laptop dengan merancang sebuah sistem pendukung keputusan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan studi literatur, studi pustaka, dan observasi. Sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk membantu dalam pengambilan keputusan dengan memasukkan kriteria dan memberikan nilai bobot pada setiap kriteria untuk mendapatkan hasil peringkat dengan nilai tertinggi. Hasil dari aplikasi ini yaitu didapatkan tiga merk yang sering jadi pilihan mahasiswa teknik informatika yaitu ASUS dengan nilai 0,94, lalu DELL dengan nilai 0,69 dan LENOVO dengan nilai 0,67.
Copyrights © 2024