Masih adanya metode belajar membaca dengan mengeja, metode pembelajaran yang belum efektif dan kurangnya media belajar membaca yang menarik bagi siswa-siswi TK perlu diintegrasikan dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi Android yang dapat memberikan kemudahan kepada pengajar TK dalam mengajarkan pengenalan huruf kepada murid. Proses pengembangan aplikasi ini menggunakan metodologi ADDIE, yang melibatkan pengumpulan data melalui studi dokumentasi, observasi langsung, wawancara dengan pihak yang terkait, serta studi literatur yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Android yang dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran cepat pengenalan huruf abjad kepada siswa TK. Aplikasi ini berfokus pada integrasi metode fonik dan metode ADDIE dalam desainnya. Proyek ini juga mencakup observasi perbedaan dalam proses pembelajaran membaca ketika menggunakan aplikasi ini dibandingkan dengan metode belajar manual menggunakan buku sehingga siswa TK dapat belajar membaca dengan cepat. Keunggulan dari pendekatan ini terletak pada kesederhanaan model pengembangannya yang terdiri dari lima tahap utama: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi.
Copyrights © 2025