Jurnal Dimensi
Vol 13, No 3 (2024): JURNAL DIMENSI (NOVEMBER 2024)

PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, PRODUK, PELAYANAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG (Studi Kasus pada Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia di Kota Malang)

Putri, Fatkhiyyah Ramadhanti Kurnia (Unknown)
Hasan, Irmayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kepercayaan, produk, pelayanan, dan religiusitas terhadap minat menabung pada nasabah PT. Bank Syariah Indonesia di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatna kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia Kota Malang dan penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan teori Malhotra yang menghasilkan 120 sampel yang diperoleh dari 24 x 5 (jumlah indikator pada penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan (X1) tidak berpengaruh terhadap Minat Menabung pada nasabah. 2) Kepercayaan (X2) tidak berpengaruh terhadap Minat Menabung pada nasabah. 3) Produk (X3) tidak berpengaruh terhadap Minat Menabung pada nasabah. 4) Religiusitas (X5) tidak berpengaruh terhadap Minat Menabung pada nasabah. 5) Pelayanan (X4) berpengaruh terhadap Minat Menabung pada nasabah. 6) Pengetahuan, Kepercayaan, Produk, Pelayanan, dan Religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap Minat Menabung pada nasabah. Kata Kunci: Pengetahuan; Kepercayaan; Produk; Pelayanan; Religiusitas; Minat Menabung Abstract The purpose of this research is to find out the effect of knowledge, trust, products, services, and religiousity on interest in saving in customers of PT. Bank Syariah Indonesia in Malang City. This study used a descriptive quantitative approach to data collection using questionnaires. The population of this study was customers of PT. Bank Syariah Indonesia Malang City and determination of samples using non-probability sampling techniques using Malhotra's theory which produced 120 samples obtained from 24 x 5 (number of indicators on research). The research results show that: 1) Knowledge (X1) has no effect on Interest in Saving in customers. 2) Trust (X2) has no effect on Interest in Savings in customers. 3) Product (X3) has no effect on Interest in Savings in customers. 4) Religion (X5) has no effect on interest in saving customers. 5) Service (X4) has an effect on interest in saving customers. 6) Knowledge, Trust, Products, Services, and Religion simultaneously affect Interest in Savings in customers. Keywords: Knowledge, Trust, Products, Services, Religiosity, Interest in Saving

Copyrights © 2024