Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Vol. 1 No. 1 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kemasan di Depot Pelita Jaya Wilayah Kota Jakarta Selatan

Supriana, Yayan (Unknown)
Irmal, Irmal (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kemasan di Depot Pelita Jaya Wilayah Kota Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu pelanggan yang membeli di Depot pelita Jaya pada tahun 2023 yang sebanyak 129 pelanggan. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak yakni mengunakan sebagian dari populasi yang berjumlah 98 responden sebagai sampel. Analisis data mengunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dimana persamaan regresi linier sederhana Y = 11.578 + 0.795 X1 artinya berpengaruh positif, uji korelasi r = 0,779 termasuk katagori kuat. koefisien determinasi sebesar 60,7% dan sisanya sebesar 39,3% di pengaruhi oleh faktor lain, uji-t sekedar t hitung 12.173 > t tabel 1,661 maka H1 di terima dan H0 di tolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara harga dan keputusan pembelian secara parsial, dimana persamaan regresi linier sederhana Y = 8.703 + 1.107 X2 artinya berpengaruh positif, uji korelasi r = 857 termasuk katagori sangat kuat, koefisien determinasi sebesar 73,4% dan sisanya sebesar 26,6% di pengaruhi oleh faktor lain, uji-t sekedar t hitung 16.275 > t tabel 1,661 maka H2 di terima dan H0 di tolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian secara simultan, dimana persamaan regresi linier berganda Y = 6.585 + 0,283 X1 + 0.826 X2 artinya berpengaruh positif, uji korelasi r = 0,874 termasuk katagori kuat, koefisien determinasi sekedar 76,3% dan sisanya sebesar 23,7% di pengaruhi oleh faktor lain, uji-f sebesar f hitung 153.233 > f tabel 3,09 artinya dapat di simpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal yang membahas secara detail berbagai penelitian empiris pada topik ekonomi, bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan ...