Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 7, No 2 (2024): Desember 2024

Pengaruh Media Sosial YouTube “Bincang Online Inspiratif” Edisi Kemerdekaan, Pancasila dan Ibu Kota Nusantara terhadap Kreativitas Pelajar Tambun Selatan

Limarandani, Ni Putu (Unknown)
Mutiah, Tuty (Unknown)
Patera, AAA Kusuma (Unknown)
Patera, AA Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak media sosial, khususnya YouTube dan program bincang online inspiratifnya terhadap pembentukan karakter dan pemahaman Pancasila di kalangan pemuda Indonesia, terutama pelajar SMAN 1 Tambun Selatan. Penelitian ini berfokus pada bagaimana konten bincang online memengaruhi sikap dan nilai-nilai pemuda. Kebaharuan penelitian ini terletak pada eksplorasi bagaimana platform digital seperti YouTube memengaruhi nilai dan kreativitas pemuda dalam konteks pendidikan Pancasila pada pembentukan karakter dan pemahaman nilai-nilai nasional di kalangan pemuda, memberikan wawasan penting tentang bagaimana alat digital dapat digunakan untuk pengembangan karakter dan penguatan identitas nasional. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dari 55 responden melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis data melibatkan uji validitas, reliabilitas, serta analisis statistik yang meliputi uji regresi linear sederhana, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan, YouTube memiliki pengaruh signifikan terhadap kreativitas pelajar SMAN 1 Tambun Selatan. Nilai signifikansi dari uji regresi linear sederhana adalah 0,000, yang kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa pengaruh YouTube terhadap kreativitas pelajar SMAN 1 Tambun Selatan sangat signifikan. Selain itu, koefisien determinasi sebesar 40% mengindikasikan bahwa sekitar 40% variasi dalam kreativitas pelajar dapat dijelaskan oleh pengaruh YouTube. Uji hipotesis juga mengungkapkan, nilai thitung (5,891) lebih tinggi daripada nilai ttabel (2,005), yang mengonfirmasi adanya pengaruh signifikan dari YouTube terhadap kreativitas pelajar. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H0) ditolak, menegaskan bahwa program bincang online inspiratif di YouTube memiliki dampak signifikan terhadap kreativitas pelajar di SMAN 1 Tambun Selatan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...