Penelitian ini mengeksplorasi dampak media sosial, khususnya YouTube dan program bincang online inspiratifnya terhadap pembentukan karakter dan pemahaman Pancasila di kalangan pemuda Indonesia, terutama pelajar SMAN 1 Tambun Selatan. Penelitian ini berfokus pada bagaimana konten bincang online memengaruhi sikap dan nilai-nilai pemuda. Kebaharuan penelitian ini terletak pada eksplorasi bagaimana platform digital seperti YouTube memengaruhi nilai dan kreativitas pemuda dalam konteks pendidikan Pancasila pada pembentukan karakter dan pemahaman nilai-nilai nasional di kalangan pemuda, memberikan wawasan penting tentang bagaimana alat digital dapat digunakan untuk pengembangan karakter dan penguatan identitas nasional. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dari 55 responden melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis data melibatkan uji validitas, reliabilitas, serta analisis statistik yang meliputi uji regresi linear sederhana, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan, YouTube memiliki pengaruh signifikan terhadap kreativitas pelajar SMAN 1 Tambun Selatan. Nilai signifikansi dari uji regresi linear sederhana adalah 0,000, yang kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa pengaruh YouTube terhadap kreativitas pelajar SMAN 1 Tambun Selatan sangat signifikan. Selain itu, koefisien determinasi sebesar 40% mengindikasikan bahwa sekitar 40% variasi dalam kreativitas pelajar dapat dijelaskan oleh pengaruh YouTube. Uji hipotesis juga mengungkapkan, nilai thitung (5,891) lebih tinggi daripada nilai ttabel (2,005), yang mengonfirmasi adanya pengaruh signifikan dari YouTube terhadap kreativitas pelajar. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H0) ditolak, menegaskan bahwa program bincang online inspiratif di YouTube memiliki dampak signifikan terhadap kreativitas pelajar di SMAN 1 Tambun Selatan.
Copyrights © 2024