Titian: Jurnal Ilmu Humaniora
Vol. 8 No. 2 (2024): Desember 2024

Implikatur Percakapan Guru dan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kajian Pragmatic H. Paul Grice

Yolandini, Renilda Pratiwi (Unknown)
Patindra, Gani (Unknown)
Kuntarto, Eko (Unknown)
Kusmana, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikatur percakapan antara guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas, menggunakan teori implikatur percakapan H. Paul Grice. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis implikatur yang muncul, pelanggaran maksim yang terjadi, serta faktor-faktor yang memengaruhi keberadaan implikatur dalam percakapan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data diambil melalui observasi langsung dan rekaman percakapan di kelas, yang kemudian dianalisis berdasarkan empat maksim Grice, yaitu maksim kualitas, kuantitas, relevansi, dan cara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran maksim sering terjadi dalam percakapan pembelajaran, baik oleh guru maupun siswa, yang dipengaruhi oleh faktor bahasa, keakraban, kepekaan, budaya, serta kepedulian dan kasih sayang. Pelanggaran maksim ini, meskipun terlihat mengganggu kelancaran komunikasi, sering kali berfungsi untuk memperkuat hubungan sosial atau menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi komunikasi yang lebih efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga dapat meningkatkan interaksi yang lebih produktif di ruang kelas. Abstract This study aims to analyze the implicature of conversation between teachers and students in Indonesian language learning interaction in the classroom, using H. Paul Grice's theory of conversational implicature. The focus of this research is to identify the types of implicatures that appear, the maxims violations that occur, and the factors that influence the existence of implicatures in the conversation. The approach used is qualitative with descriptive method. The data were collected through direct observation and recording of classroom conversations, which were then analyzed based on Grice's four maxims, namely the maxims of quality, quantity, relevance, and manner. The results show that maxim violations often occur in learning conversations, both by teachers and students, which are influenced by factors of language, familiarity, sensitivity, culture, as well as care and affection. These maxim violations, although they seem to disrupt the smoothness of communication, often serve to strengthen social relations or create a more dynamic learning atmosphere. This study contributes to the development of more effective communication strategies in Indonesian language learning, so as to improve more productive interactions in the classroom.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

titian

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Titian merupakan jurnal ilmiah akademik dalam bidang kajian ilmu Humaniora (budaya) yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jambi. Penerbitan jurnal ini dimaksudkan untuk mempublikasikan berbagai artikel hasil penelitian, studi kepustakaan, studi lapangan, gagasan konseptual, kajian ...