Kepercayaan diri merupakan perasaan yakin yang dimiliki setiap individu agar bisa mengaktualisasikan atau meningkatkan kemampuan dalam diri. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui tingkat kepercayaan diri serta untuk mengetahui seberapa efektivitas video edukasi untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di Desa Murukan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini menggunakan suatu metode dengan desain penelitian one group pre test post test. Sample penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah anak yang di Desa Murukan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang yang berusia 10-11 tahun yang berjumlah 30 anak, sampel berjumlah 10 anak dengan kategori hasil angket rendah dengan kategori hasil rendah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Tingkat kepercayaan diri anak usia 10-11 tahun di desa Murukan, terdapat 10 anak kategori rendah, 15 anak kategori sedang, 3 anak kategori tinggi dan 2 anak kategori sangat tinggi. 2.) Penerapan media video edukasi ini dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 10-11 tahun di desa Murukan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, hal ini berdasarkan pada hasil post test yang mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired T test yeng bernilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya perbedaan variabel awal dengan variabel akhir. Selain itu, hasil dari N-gain score menunjukkan mean 0,63 sehingga dapat di simpulakn tingkat efektivitas pada kategori tinggi.
Copyrights © 2024