G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 9 No. 2 (2025): April 2025, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Gambaran Evektifitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Stres Akademik Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama

Halim, Suprianto Baen (Unknown)
Awaluddin Tjalla (Unknown)
Susi Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik akan dipersepsi sebagai beban yang melebihi batas kemampuan peserta didik dan akan berdampak stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan cognitive-behavior therapy untuk mengurangi stres akademik pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design karena adanya manipulasi perubah bebas yang berupa perlakuan atau treatment. Hasil studi pendahuluan terhadap 30 peserta didik didapatkan 83,3% peserta didik yang mengalami stres akademik tinggi, 16,7% rendah. Subjek penelitiannya adalah peserta didik yang berada pada kategori stres akademik tinggi yaitu sebanyak 20 orang yang kemudian diberi perlakuan atau tritmen untuk mengukur keefektifan sebelum data didapatkan 83,3<8,35 artinya ada perbedaan atau perubahan peserta didik ketika diberikan tritmen bimbingan cognitive-behavior therapy sehingga dapat diartikan bahwa berhasil menyelesaikan satu masalah yaitu mengurangi stres akademik di SMP Negeri 8 palopo.  Kata Kunci: bimbingan cognitive behavior therapy, stres akademik, peserta didik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...