G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 9 No. 2 (2025): April 2025, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengaruh Penerapan Bimbingan Konseling Behavioral Terhadap Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah

Harahap, Khairunnisa (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Kedisiplinan siswa menjadi bagian yang penting dalam pelaksanaan kegiatan siswa dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis menerapkan bimbingan konseling behavioral terhadap kedisiplinan siswa di MAS YPKS Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengarauh yang signifikan antara penerapan bimbingan konseling behavioral terhadap kedisiplinan siswa/i di MAS YPKS Padangsidimpuan. Metode penelitian menggunakan kuasi experimental (one group pretest posttest design). Sampel sebanyak 12 siswa/i yang diambil secara purposive sampling teknik. Instrumen yang digunakan adalah angket kedisipilinan yang sudah di uji validitas dan reabilitasnya. Hasil pair sample t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) lebih kecil dari 0.05 (0.039<0.05). Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan bimbingan konseling behavioral terhadap kedisiplinan siswa/i di MAS YPKS Padangsidimpuan. Dengan membuktikan efektivitas bimbingan konseling behavioral terhadap peningkatan kedisiplinan siswa, studi ini menyediakan landasan penting bagi pengembangan program bimbingan yang lebih baik di sekolah-sekolah. Kata kunci: siswa MAS YPKS, bimbingan konseling behavioral, kedisiplinan siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...