Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya materi shalat dengan menggunakan model pembelajaran Advance organizer berbasis teori Multiple intelligences. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VI SDN 16 Baringin, dengan melibatkan 36 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Advance organizer berbasis Multiple intelligences dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, sebanyak 19,44% siswa mendapat nilai sangat baik, sementara pada siklus II meningkat menjadi 86,11%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan dari cukup aktif pada siklus I menjadi sangat aktif pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran ini efektif dalam menciptakan suasana belajar yang dinamis dan interaktif sesuai dengan kecerdasan majemuk siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024