Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis marketplace e-business tik-tok shop dalam perspektif Islam. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V yang menggunakan tik-tok shop Prodi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Kemudian objek penelitian adalah penerapan etika bisnis dalam marketplace e-business tik-tok shop dalam perspektif ekonomi Islam. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah credibility, Transferability, dependability dan confirmability. Etika bisnis yang diterapkan mahasiswa semester V Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal dalam perspektif Islam ketika berbelanja di tik-tok shop adalah etika yang sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan Islam, diantaranya sipenjual mendapatkan produk secara halal, bertanggung jawab, tidak didasarkan kebohongan dan amanah. Kemudian sipembeli bertransaksi secara akad As-salam dimana penjual dan pembeli sama-sama ridho ketika melakukan transaksi
Copyrights © 2024