Komunikasi interpersonal guru dan siswa harus dilakukan secara sebaik mungkin baik pada saat proses pembelajaran maupun saat tidak melakukan proses pembelajaran. Minat belajar siswa sangat berkaitan dengan komunikasi yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung, komunikasi yang efektif akan membuat siswa bersemangat dalam belajar. Dalam proses belajar mengajar matematika diperlukan komunikasi interpersonal guru yang baik, karena idealnya komunikasi yang baik antara guru dan siswa dapat meningkatkan minat belajar, karena siswa merasa diperhatikan oleh guru sehingga siswa akan terbuka untuk mengkomunikasikan kesulitannya dalam belajar. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah ialah Bagaimana Komunikasi Interpersonal Guru Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bidayatul Hidayah -4 Jalan. Pertahanan Dusun II No. 33 PatumbakPenelitian yang dilakukan oleh penulis ini menggunakan metodologi kualitatif. Metodologi penelitian ini menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sikap positif dari siswa dapat mempengaruhi kebiasaan belajar mereka secara positif, sehingga meningkatkan keterlibatan dan kesenangan dalam proses pembelajaran. Membangun lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan melalui kegiatan seperti diskusi, memotivasi siswa dengan penghargaan, dan membina sikap terbuka sangat penting dalam mendorong praktik belajar mengajar yang efektif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025