Siswa membutuhkan motivasi belajar untuk keberlangsungan proses belajarnya, tetapi permasalahan yang terjadi saat ini yaitu rendahnya keinginan siswa dalam belajar dengan alasan banyaknya tugas dan materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stress akademik dan beban kognitif terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik propability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan skala stress akademik, skala cognitive load dan skala motivasi belajar. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi p = 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dan cognitive load dengan motivasi belajar siswa. Pada hasil yang didapat variabel stress akademik dan cognitive load secara bersama memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai yaitu 17,2 %.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024