Dalam proses menempuh pendidikan, stres akademik menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para mahasiswa/i. Tingkatan stres akademik yang dirasakan bergantung pada besarnya tekanan dari setiap fakultas. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui dan menganalisis tingkat stres akademik pada mahasiswa tahun pertama antara tiga fakultas yaitu Fakultas Sains & Teknologi, Fakultas Ekonomi Bisnis, serta Fakultas Desain. Skala Stres Akademik Sarafino & Smith kemudian digunakan untuk mengukur stres akademik 90 mahasiswa baru yang terlibat dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkatan stres akademik antara mahasiswa/i tahun pertama dari ketiga fakultas (F(2, 87) = 5.396, p = 0.006, ω2 = 0.089), di mana mahasiswa/i Fakultas Desain memiliki tingkat stres akademik tertinggi. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai evaluasi fakultas dalam menyadari dan menangani tingkat stres akademik mahasiswa serta menambah kajian Ilmu Psikologi Pendidikan mengenai respon mahasiswa terhadap tuntutan akademik.
Copyrights © 2024