EQUILIBIRIA
Vol 11, No 2 (2024): Desember 2024

PENINGKATAN JIWA ENTREPRENEUR MELALUI PENERAPAN PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM

Rahmayeni, Zulwida (Unknown)
Tamami, Sastra (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif literatur akademis yang ada tentang etika kewirausahaan dan mengembangkan kerangka konseptual yang mengeksplorasi peningkatan semangat kewirausahaan melalui penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Dengan menggunakan metodologi tinjauan pustaka, penelitian ini melakukan analisis, evaluasi kritis, dan sintesis pengetahuan yang relevan mengenai masalah penelitian. Semangat kewirausahaan memainkan peran penting dalam mengejar kekayaan. Seorang wirausahawan harus memiliki setidaknya tiga kualitas penting: imajinasi, fleksibilitas, dan kemauan untuk mengambil risiko, untuk memiliki potensi untuk "menjadi peserta yang sukses" dalam kegiatan kewirausahaan. Etika bisnis dalam Islam mencakup serangkaian perilaku bisnis etis yang dibalut dalam nilai-nilai syariah yang mengutamakan apa yang halal dan haram. Kejujuran, dapat dipercaya, kecerdasan dan keterampilan, komunikasi dan layanan yang baik, membangun jaringan dan kemitraan, dan keharmonisan dalam bekerja dan beribadah merupakan faktor penting dalam mencapai kesuksesan sebagai pedagang. Kata Kunci: Kewirausahaan, Etika Bisnis, Bisnis Islam, Syariah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal EQUILIBIRIA Fakultas Ekonomi merupakan media publikasi ilmiah internal fakultas Ekonomi, Universitas Riau Kepulauan focus pada karya ilmiah berupa tulisan dari hasil penelitian yang dilakukan dosen yang meliputi disiplin ilmu Manajemen dan Akuntansi dan ilmu-ilmu lainnya yang ...