Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif literatur akademis yang ada tentang etika kewirausahaan dan mengembangkan kerangka konseptual yang mengeksplorasi peningkatan semangat kewirausahaan melalui penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Dengan menggunakan metodologi tinjauan pustaka, penelitian ini melakukan analisis, evaluasi kritis, dan sintesis pengetahuan yang relevan mengenai masalah penelitian. Semangat kewirausahaan memainkan peran penting dalam mengejar kekayaan. Seorang wirausahawan harus memiliki setidaknya tiga kualitas penting: imajinasi, fleksibilitas, dan kemauan untuk mengambil risiko, untuk memiliki potensi untuk "menjadi peserta yang sukses" dalam kegiatan kewirausahaan. Etika bisnis dalam Islam mencakup serangkaian perilaku bisnis etis yang dibalut dalam nilai-nilai syariah yang mengutamakan apa yang halal dan haram. Kejujuran, dapat dipercaya, kecerdasan dan keterampilan, komunikasi dan layanan yang baik, membangun jaringan dan kemitraan, dan keharmonisan dalam bekerja dan beribadah merupakan faktor penting dalam mencapai kesuksesan sebagai pedagang. Kata Kunci: Kewirausahaan, Etika Bisnis, Bisnis Islam, Syariah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024