Penelitian ini mengkaji pengaruh intensitas penggunaan game online terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB angkatan 59. Dengan metode kuantitatif, data dikumpulkan dari mahasiswa yang aktif bermain game online melalui kuesioner, kemudian dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (90%) merasa game online tidak berdampak signifikan terhadap nilai akademik mereka. Selain itu, 72 responden tetap termotivasi dalam belajar meskipun bermain game online, menunjukkan bahwa kegiatan tersebut tidak mengurangi semangat belajar. Namun, aspek visual dari game online memengaruhi durasi bermain bagi 84% responden, sehingga mereka cenderung bermain lebih lama. Meskipun mayoritas responden lebih memilih belajar dibanding bermain game online, 43 responden merasa sulit untuk berhenti bermain setelah memulai, menandakan daya tarik yang kuat dari game online. Dalam hal produktivitas, mayoritas responden menyatakan tidak terganggu dan tetap dapat menyelesaikan tugas kuliah tepat waktu. Sebagian besar responden bermain game online setiap hari, tetapi tidak lebih dari 5 jam per hari. Secara keseluruhan, meskipun beberapa responden merasakan gangguan terhadap akademik, mayoritas tidak merasakan dampak negatif yang signifikan pada prestasi akademik, nilai kuliah, atau kewajiban tugas kuliah mereka.
Copyrights © 2024