Berdasarkan UU No.14 Tahun 2008 menyesuaikan dengan tuntutan zaman berbagai provinsi dan kabupaten/kota mulai memanfaatkan IT terkoneksi internet dan bersifat real time mendukung kinerjanya yang outputnya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik.Kecamatan Medan Johor memiliki keterbatasan sarana prasarana berbasis IT. Keterbatasan tersebut menjadi faktor lainnya yang menghambat peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga, kualitas pelayanan publik berbasis IT di Kecamatan Medan Johor tidak jauh berbeda dengan kualitas pelayanan publik secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Medan Johor, mengetahui faktor- faktor apa yang mempengaruhi kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun metode analisis data penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Jenis data pada penelitian ini yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari jurnal, buku dan sumber data yang tersedia, sedangkan data primer diperoleh dari hasil wawancara terhadap informan yang ditentukan. Adapun hasil penelitin menyatakan bahwa; Peranan kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Medan Johor belum optimal, karena pemimpin di Kantor Kecamatan Medan Johor belum mampu menjadikan pelayanan berbasis teknologi informasi sebagai program kerja utama. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepemimpinan dalam penggunaan teknlogi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Medan Johor terdiri dari faktor personal pemimpin, faktor sumber daya dan faktor birokrasi.
Copyrights © 2025