Prosiding Konferensi Nasional PKM-CSR
Vol 7 (2024): PKMCSR2024: Kolaborasi Hexahelix dalam Optimalisasi Potensi Pariwisata di Indonesia: A

PEMBERDAYAAN UMKM BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK MEDIA DIGITAL

Priyambudi, Surya (Unknown)
Endarto, Budi (Unknown)
Wijayanti, Galuh Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Salah satu sasaran Pengabdian kepada Masyarakt ini adalah meningkatkan efektivitas UMKM Desa Pengalangan yang terletak pada Kabupaten Gresik memiliki beragam UMKM yang berperan dalam mendukung perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat. Pengembangan produksi, pengemasan, dan pemasaran merupakan suatu hal yang dapat ditawarkan untuk mengembangkan suatu usaha termasuk UMKM. Dari hasil observasi di lapangan, terdapat beberapa UMKM di Desa Pengalangan yang belum mendapatkan pengetahuan tentang pentinganya pengembangan dari proses produksi, pengemasan, dan pemasaran. Latar belakang masalah: 1)UMKM menghadapi kesulitan untuk mencari pasar yang stabil dan pelanggan yang memadai, pembinaan untuk membantu UMKM memasarkan produk dan layanan; 2)UMKM seringkali menghadapi kekurangan keterampilan manajemen dan teknis, program pelatihan, dan pendidikan dalam menjalankan bisnis; 3)UMKM yang tidak memiliki akses atau keterampilan dalam mengadopsi teknologi terkini dapat tertinggal dalam persaingan program digitalisasi; 4)UMKM perlu mendapatkan perlindungan hukum terhadap hak kekayaan intelektual, merek dagang, dan sertifikat halal. Tujuan program ini: 1)Supaya UMKM dapat meningkatkan daya saingnya, memperluas pasar, dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian; 2)Supaya UMKM dapat meningkatkan kualitas manajemennya, memperkuat keterampilan teknisnya, dan pada akhirnya meningkatkan daya saingnya; 3)Supaya UMKM dalam mengadopsi teknologi dan meningkatkan daya saing mereka; 4)Supaya UMKM dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, meningkatkan daya saing, dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian nasional. Metode pelaksanaan 1)Pendekatan melalui Bapak Lurah dan pengurus desa setempat dalam pelaksanaan PkM; 2)Melakukan koordinasi pada pemilik UMKM; 3)Melakukan pelatihan pada pengembangan produksi, pengemasan, dan pemasaran pada pemilik UMKM; dan 4)Melakukan evaluasi secara berkala pada program pelatihan dan pendampingan terhadap UMKM. Hasil kegiatan 1)UMKM mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan secara optimal, memproduksi produk yang higienis, pengemasan produk yang tampilannya menarik, bertahan lama, dan pengambilan foto produk yang menarik; 2)UMKM melakukan pencatatan keuangan secara berkala menggunakan aplikasi keuangan digital; 3)UMKKM melakukan penjualan melalui media digital eCommerce, facebook, Instagram, Grab, dan WhatssApp Business.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pkmcsr

Publisher

Subject

Humanities Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Nursing Public Health Social Sciences

Description

Prosiding PKM-CSR merupakan rangkuman hasil Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibilty (PKM-CSR) yang diselenggarakan setiap tahun oleh kolaborasi beberapa Perguruan Tinggi yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Pelita Harapan (UPH), Swiss ...