Measurement : Jurnal Akuntansi
Vol 18, No 2 (2024): MEASUREMENT : JURNAL AKUNTANSI DESEMBER 2024

PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENDAPATAN, KONTROL DIRI, GAYA HIDUP DAN INTENSITAS PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SHOPEE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Ukhriyawati, Catur Fatchu (Unknown)
Muharam, Muharam (Unknown)
putra, Rizki Eka (Unknown)
Mulyati, Sri (Unknown)
Hati, Ravika Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Literasi keuangan, pendapatan, kontrol diri, gaya hidup dan intensitas pengguna media sosial terhadap Perilaku konsumtif pengguna shopee pada mahasiswa Universitas Riau Kepulauan . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Riau Kepulauan 3122 mahasiswa dengan penarikan sample berdasarkan metode random sampling menggunakan rumus slovin berjumlah 355 orang responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi keuangan, pendapatan, kontrol diri, gaya hidup dan intensitas pengguna media sosial secara simultasn berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee pada mahasiswa Universitas Riau Kepulauan ( F hitung 112.480 > F tabel 2.24, signifikan 0.000 < 0,05 ). Secara parsial, setiap variabel independen ( literasi keuangan, pendapatan, kontrol diri, gaya hidup dan intensitas pengguna media sosial ) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,786 menunjukan hubungan positif antara variabel independen dengan variabel dependen. Nilai adjusted R2 sebesar 0,612 berarti 61,2% terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee sedangkan 38,8% dipengaruhi variabel lain diluar variabel independen yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sedangkan untuk nilai korelais ( R ) 0,786 yang berarti hubungan antara variabel Literasi keuangan, Pendapatan, Kontrol Diri, Gaya Hidup dan Intensitas Pengguna Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif pengguna shopee pada mahasiswa Universitas Riau Kepulauan sebesar 78,6% artinya hubungan yang dimiliki Erat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

measurement

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Measurement adalah Jurnal ilmiah Dosen di Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan ...