Pasar lelang cabai berbasis digital “dipanen.id” mempermudah pengelola pasar lelang dalam kegiatan lelang cabai. Aplikasi digital yang digunakan pengelola pasar lelang belum bisa dijadikan ukuran secara pasti bahwa layanan pasar lelang cabai digital dapat memberikan sebuah kepuasan terhadap petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan pasar lelang cabai digital dan kepuasan petani, serta menganalisis pengaruh layanan pasar lelang cabai digital terhadap kepuasan petani. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Tani Tani Rejo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel sebanyak 32 responden. Hasil analisis tingkat kualitas layanan pasar lelang cabai digital (X) meliputi: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dari seluruh variabel memperoleh kategori tinggi dengan nilai total skor tertinggi adalah variabel empathy dan terendah adalah variabel responsiveness . Kepuasan petani (Y) meliputi: harapan, minat menggunakan pasar lelang kembali, dan keinginan untuk memberi izin memperoleh kategori tinggi. Pengaruh kualitas pelayanan pasar lelang cabai digital terhadap kepuasan petani secara parsial Uji T menggunakan taraf signifikansi 5%. Uji F pada penelitian ini diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 yang artinya variabel independen (X) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (Y). Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor total terendah pada variabel dependen (X) yaitu daya tanggap dengan indikator ketanggapan pasar lelang dalam permasalahan harga cabai yang fluktuatif.
Copyrights © 2024