Indonesia merupakan negara agraris yang sangat besar, artinya sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam pembangunan nasional karena sektor ini menyerap sumber daya manusia yang paling besar dan memanfaatkan sumber daya secara efisien serta menjadi sumber pendapatan bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan margin pemasaran komoditas jagung di Desa Pallantikang Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran komoditas jagung di Desa Pallantikang Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Simple Random Sampling dan snowball sampling. Snowball sampling artinya pengambilan sampel dengan mengikuti alur dan jalur rantai pasok jagung di lokasi penelitian. Data yang diperoleh di lapangan terlebih dahulu ditabulasikan secara sederhana kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran jagung di Desa Pallantikang Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto terdapat 3 saluran pemasaran yang digunakan petani yaitu: (a) Petani – Pabrik Japfa – Konsumen; (b) Petani – Pedagang Besar – Pabrik Japfa – Konsumen; (c) Petani – Pedagang pengumpul – Pedagang besar – Pabrik Japfa – Konsumen. (2) Margin pemasaran terbesar terdapat pada saluran pemasaran III yaitu Rp 2.500/Kg, saluran pemasaran III mempunyai margin pemasaran tertinggi karena banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat di dalamnya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih besar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024