JURMADIKTA
Vol 4 No 3 (2024): JURMADIKTA

PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS SOAL CERITA KONTEKSTUAL MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP

Faried, Muhammad (Unknown)
Pasani, Chairil Faif (Unknown)
Amalia, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Modul pembelajaran yang disajikan melalui konteks dunia nyata dapat membantu peserta didik untuk lebih mudah memahami konsep matematika dengan melihat bagaimana konsep tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Modul Ajar Matematika berbasis soal cerita kontekstual materi pecahan untuk kelas VII SMP, modul ajar dikembangkan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan dengan konteks kue bingka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang mencakup Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek uji coba penelitian adalah 36 siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Banjarmasin. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi modul ajar, angket respon guru, dan evaluasi siswa. Hasil analisis validasi ahli menunjukkan bahwa modul ajar ini sangat valid. Hasil analisis angket respon guru menunjukkan bahwa modul ajar sangat praktis dan hasil analisis evaluasi peserta didik menunjukkan bahwa modul ajar efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurmadikta

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Mathematics Other

Description

JURMADIKTA adalah Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. JURMADIKTA didirikan pada tahun 2018 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. JURMADIKTA merupakan ...