Pendidikan penting dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan kompeten. Salah satu tantangan utama dalam pendidikan adalah kurang optimalnya metode pembelajaran matematika. Pembelajaran efektif menekankan pemberdayaan peserta didik melalui interaksi aktif. Media pembelajaran seperti Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan pemahaman dengan animasi dan hipertaut, menjadikannya solusi efisien karena mudah digunakan, relatif murah, dan tersedia di setiap desktop. Penelitian Ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft PowerPoint pada materi bangun ruang untuk siswa SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE oleh Lee & Owens, yang meliputi tahap penilaian/analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian berupa wawancara, angket, dan tes. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 5 Banjarmasin dengan 8 peserta didik dan 1 pendidik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengukuran skala likert. Media pembelajaran dinyatakan valid dengan persentase kevalidan sebesar 100% dari hasil angket validasi ahli media dan 86,73% dari hasil angket validasi ahli materi, dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 97,6% dari hasil angket respon pendidik dan 99,76% dari hasil angket respon peserta didik, dan dinyatakan efektif dengan persentase keefektifan sebesar 75% dari hasil tes sumatif peserta didik. Dengan demikian, media pembelajaran yang dihasilkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2024