Penggunaan tes formatif dalam pembelajaran matematika termasuk kunci untuk mengukur dan meningkatkan pemahaman peserta didik secara berkelanjutan. Pengembangan tes formatif yang mengaitkan unsur budaya lokal seperti etnomatematika dari rumah adat Bubungan Tinggi masih sangat terbatas. Tujuan utama kajian ini ialah untuk memaparkan proses pengembangan soal tes formatif dengan memperhatikan aspek validitas serta reliabilitas sehingga menghasilkan soal tes formatif matematika yang reliabel dan valid yang bisa dipergunakan sebagai alat evaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi garis dan sudut. Kajian ini mempergunakan metode Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan tipe formative research. Uji coba ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Hulu Sungai Tengah dengan subjek penelitian untuk tahap one-to-one tiga orang peserta didik, untuk tahap small group enam orang peserta didik dan untuk tahap field test 35 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data mempergunakan lembar angket respon peserta didik, lembar validasi dan 15 soal tes fomatif yang berbentuk pilihan ganda disertai dengan penyelesaiannya. Produk yang dikembangkan dinilai oleh dua orang validator ahli sehingga didapat skor validitas logis senilai 3,53 termasuk dalam kategori sangat valid. Uji validitas empiris butir soal didapat sembilan soal valid, enam soal tidak valid dan uji reliabilitas didapat skor 0,657 termasuk dalam kategori reliabilitas tinggi. Sehingga kajian ini menghasilkan sembilan soal tes formatif matematika materi garis dan sudut berbasis etnomatematika rumah adat Bubungan Tinggi untuk SMP/MTs yang valid dan reliabel.
Copyrights © 2024