Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 9, No 10: OCTOBER 2024

Dampak Perubahan Sistem Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa

Rizki, Muhammad Wahyu (Unknown)
Evendi, Evendi (Unknown)
Syukri, Muhammad (Unknown)
Saminan, Saminan (Unknown)
Mursal, Mursal (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui apakah perubahan sistem pembelajaran membuat perbedaan terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan mixed method design. Subjek penelitian adalah 132 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instumen penelitian adalah angket kuisoner berbantuan googleform. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif berdasarkan indeks skor dan Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan kemandrian belajar saat menggunakan sistem pembelajaran luring sebesar 516,78 dengan kategori “Tinggi” dan 419,72 dengan kategori “Tinggi” saat daring. Berdasarkan Wilcoxon signed rank test menunjukkan perbedaan yang signifikan ( (p value = 0,00; p < 0,05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...