Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemaparan tentang optimalisasi keberadaan masjid sebagai lingkungan positif yang berbasis pendidikan Islam dalam membentuk kepribadian masyarakat, Sebagai pusat keagamaan dan sosial, masjid juga memiliki potensi besar untuk mempengaruhi karakter dan moral masyarakat melalui berbagai program pendidikan dan aktivitas keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang diterapkan pada beberapa masjid di Kelurahan Sumbertaman yang telah melaksanakan program pendidikan Islam secara intensif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa masjid yang dioptimalkan sebagai pusat pendidikan Islam berhasil meningkatkan pemahaman agama, moralitas, dan etika sosial masyarakat. Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan optimalisasi masjid sangat bergantung pada faktor kepemimpinan, partisipasi aktif masyarakat, serta dukungan dari pemerintah dan organisasi keagamaan. Program-program seperti kajian rutin, sekolah diniyah, pengajian, dan kegiatan sosial berbasis keagamaan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pembentukan karakter individu. Kesimpulannya, optimalisasi masjid sebagai lingkungan positif berbasis pendidikan Islam adalah strategi yang efektif untuk membentuk kepribadian masyarakat yang berakhlak mulia, berpengetahuan, dan kompetitif.
Copyrights © 2024