Permasalahan diteliti dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pelayanan prima dan kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien melalui kompensasi sebagai variabel moderasi pada UPTD Puskesmas Idanogawo kabupaten Nias. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh pelayanan prima dan kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien melalui kompensasi sebagai variabel moderasi pada UPTD Puskesmas Idanogawo kabupaten Nias. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang bersifat terbuka dengan model skala Likers dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah 3711 pasien dan sampel sebanyak 97 orang pasien. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji t, uji f, uji koefisien determinasi dan uji analisis path. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan prima secara signifikan positif mempengaruhi kinerja pegawai, kepuasan pasien dan kompensasi, dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen melalui variabel intervening adalah kuat
Copyrights © 2024