Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 2 (2024): September 2024

Pengaruh Intervensi Supportive Educative Berbasis Caring Terhadap Selfcare Management Pada Penderita Hipertensi Di Desa Delitua Barat

Ginting, Daniel Suranta (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Hipertensi merupakan faktor risiko utama kematian akibat penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan sosial. Strategi intervensi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran dan perawatan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intervensi edukatif suportif berbasis kepedulian terhadap manajemen perawatan diri pada penderita hipertensi di Desa Deli Tua Barat tahun 2024. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental. Populasi terdiri dari seluruh penderita hipertensi sebanyak 76 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan sebanyak 16 orang yang diberikan intervensi edukatif suportif berbasis kepedulian, dan kelompok kontrol sebanyak 16 orang yang diberikan leaflet tentang penyakit hipertensi. Hasil penelitian berdasarkan uji independent t-test menunjukkan skor manajemen perawatan diri pada kelompok perlakuan dan kontrol setelah intervensi adalah p=0,069. Selisih skor delta manajemen perawatan diri pada kelompok perlakuan dan kontrol setelah intervensi adalah p=0,075. Penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi edukatif suportif berbasis kepedulian efektif dalam meningkatkan manajemen perawatan diri pada penderita hipertensi. Intervensi ini dapat menjadi upaya promotif untuk meningkatkan kemandirian perawatan diri pada penderita hipertensi.Kata kunci: Kanker, Kecemasan, Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...