Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 2 (2024): September 2024

IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DI PP. ROUDLOTUT THOLIBIN

Rohman, Abdur (Unknown)
Agustin, Maulid (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin.. Metode Yanbu’a dirancang untuk mengajarkan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an secara terstruktur, menekankan pada penguasaan tajwid dan makhraj huruf. Melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan observasi dan wawancara, penelitian ini menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan kelancaran dan kefasihan membaca Al-Qur'an di kalangan santri, serta meningkatkan semangat belajar mereka. Pembelajaran dibagi menjadi tiga tahap: pembukaan, instruksi individu, dan penutupan, yang memungkinkan santri untuk memahami pengucapan yang benar dan meningkatkan kualitas bacaan mereka. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan kesulitan dalam memahami tajwid, penerapan Metode Yanbu’a berhasil menciptakan generasi yang berakhlak mulia dan mendalami ajaran Al-Qur'an secara terperinci. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran pondok pesantren dalam pendidikan agama Islam dan pengembangan karakter santri, serta menunjukkan bahwa dukungan internal dan eksternal, seperti motivasi dan dukungan orang tua, berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...