Penelitian ini mengkaji implementasi Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin.. Metode Yanbu’a dirancang untuk mengajarkan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an secara terstruktur, menekankan pada penguasaan tajwid dan makhraj huruf. Melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan observasi dan wawancara, penelitian ini menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan kelancaran dan kefasihan membaca Al-Qur'an di kalangan santri, serta meningkatkan semangat belajar mereka. Pembelajaran dibagi menjadi tiga tahap: pembukaan, instruksi individu, dan penutupan, yang memungkinkan santri untuk memahami pengucapan yang benar dan meningkatkan kualitas bacaan mereka. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan kesulitan dalam memahami tajwid, penerapan Metode Yanbu’a berhasil menciptakan generasi yang berakhlak mulia dan mendalami ajaran Al-Qur'an secara terperinci. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran pondok pesantren dalam pendidikan agama Islam dan pengembangan karakter santri, serta menunjukkan bahwa dukungan internal dan eksternal, seperti motivasi dan dukungan orang tua, berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an
Copyrights © 2024