Penggunaan aplikasi Microsoft Office, seperti Excel, Word, dan PowerPoint, banyak digunakan untuk memfasilitasi fungsi baik administratif maupun akademik. Aplikasi-aplikasi ini meningkatkan efisiensi operasional bagi para pengajar dan staf. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan Microsoft Excel, Word, dan PowerPoint terhadap produktivitas dosen dan staf administrasi universitas. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif melalui survei kuesioner yang menargetkan staf akademik dan administrasi untuk menilai penggunaan Excel, Word, dan PowerPoint, serta efektivitasnya dalam meningkatkan kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang menunjukkan Korelasi signifikan dengan efektivitas kerja adalah Excel dan Word dengan p-value 0.005 dan 0.022 serta koefisien masing-masing 0,305 dan 0,369. Sebaliknya, PowerPoint tidak menunjukkan korelasi yang signifikan dengan efektivitas kerja dengan p-value 0,413, dan koefisien regresinya -0,112, yang menunjukkan efek yang minimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa seringnya penggunaan Microsoft Excel dan Word berkaitan dengan peningkatan efektivitas kerja, sedangkan Microsoft PowerPoint tidak menunjukkan efek yang sama. Dari hasil statistik deskriptif juga, Microsoft Word adalah yang paling sering digunakan oleh responden dibandingkan dengan Excel dan PowerPoint. Hasil ini menyoroti pentingnya Excel dan Word untuk tujuan administratif dan akademis, sedangkan PowerPoint dapat memenuhi tujuannya dalam presentasi tanpa mempengaruhi efektivitas kerja.
Copyrights © 2024