Al-Mutsla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Al Mutsla

Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar IPAS

Sulistiana (Unknown)
Cicci Rizqiyah Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Gunung Sari 1 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa kelas IV yang semuanya mengikuti pembelajaran di luar kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar IPAS. Analisis data dilakukan dengan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar IPAS siswa setelah penerapan metode outdoor learning (p < 0,05). Kesimpulannya, metode outdoor learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Gunung Sari 1 Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almutsla

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Al Mutsla The journal contains many variants of the field Research and many variants of Islamic studies, among others Islamic education, the Shariah, Islamic thought, Study Al Quran and Hadits, Islamic economi, Islamic studies, Sosial Islamic and other general ...