Jurnal Ekonomika dan Manajemen
Vol 13, No 2 (2024)

HUBUNGAN FLOW STATE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Ebriyani, Ebriyani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fadhillah, Saskia Nurul (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sativa, Oryza (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nasir, Fadly Abdullah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nababan, Heni Pratistha (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hilmiatussadiah, Kinanti Geminastiti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Setiawan, Agung (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Maraknya fenomena pembelian impulsif di Indonesia disertai dengan kemunculan e- commerce, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui hubungan ketiga faktor flow state pada perilaku pembelian impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2023 Universitas Pendidikan Indonesia. Sebanyak 82 orang yang digunakan sebagai sampel jenuh. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan menggunakan teknik sampling jenuh serta pengumpulan data melalui instrumen penelitian kuesioner tertutup pada responden yang pernah melakukan belanja online. Data yang didapat kemudian dianalisis melalui distribusi frekuensi dan penghitungan nilai regresi pada aplikasi excel untuk mengetahui hubungan antara ketiga faktor flow state terhadap perilaku pembelian impulsif Mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya hubungan positif di antara flow state dengan pembelian impulsif yang dapat dibuktikan melalui hasil regresi dengan nilai R2 sebesar 0,4275 atau setara 42,75% yang menunjukkan bahwa perilaku pembelian impulsif dipengaruhi oleh faktor enjoyment, concentration, dan control. Hasilnya menunjukkan faktor enjoyment memiliki hubungan yang berperan besar pada perilaku pembelian impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2023 Universitas Pendidikan Indonesia, sementara itu faktor yang memiliki hubungan yang berperan kecil pada pembelian impulsif adalah concentration karena menurut Wu et al., (2016) mahasiswa cenderung akan lebih mementingkan perasaan senang dan kepuasan ketika berbelanja dibandingkan dengan perhatian terhadap produk dalam berbelanja online. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan indikator pengaruh lain yang memiliki hubungan antara pembelian impulsif serta dapat menggunakan metode penelitian lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ema

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning ...