Anak-anak sering kali dihadapkan pada kegiatan yang terstruktur dan terbatas, sehingga menghambat perkembangan imajinasi dan inovasi anak. Permasalahan yang dihadapi dalam pendidikan anak usia dini saat ini adalah terbatasnya kreativitas dan ketrampilan problem solving anak. Sehingga pemilihan topik ini didasari oleh pentingnya pendekatan yang lebih fleksibel dan terbuka untuk mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak di abad 21. Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa permainan terbuka melalui media loose part dapat meningkatkan kreativitas, imajinasi, dan ketrampilan problem solving anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi aktivitas anak-anak selama berinteraksi dengan media loose part. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan data yang telah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa open ended play melalui media loose part dapat memberikan dampak positif dalam perspektif pendidikan anak usia dini abad 21. Anak-anak menunjukkan peningkatan berpikir kritis, kreativitas, kerja sama, dan komunikasi. Selain itu, media loose part memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk bereksplorasi dan berimajinasi tanpa Batasan, yang sangat penting dalam mendukung perkembangan holistik anak.
Copyrights © 2023