Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh orang tua dalam mengajarkan praktik puasa kepada anak usia dini, serta mengidentifikasi kendala dan faktor pendukung yang dihadapi di dua lokasi, yakni Desa Pucangan, Sukoharjo, dan Desa Pilang, Sragen. Metode yang digunakan adalah observasi langsung dan wawancara mendalam dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data yang kaya dan kontekstual. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi utama yang digunakan oleh orang tua meliputi pendekatan bercerita untuk menanamkan nilai-nilai spiritual, memberikan teladan nyata melalui praktik sehari-hari, serta penggunaan sistem penghargaan sebagai bentuk motivasi. Kendala yang sering dihadapi mencakup kesulitan dalam membangunkan anak saat sahur dan menjaga konsistensi anak untuk menjalankan puasa sepanjang hari. Namun, penelitian juga menemukan adanya faktor pendukung yang signifikan, seperti penggunaan media digital untuk menyampaikan informasi religius secara kreatif dan adanya dukungan dari anggota keluarga lainnya yang memperkuat proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlibatan aktif orang tua sangat penting dalam membentuk kebiasaan berpuasa sejak dini, yang tidak hanya melibatkan aspek pembelajaran teknis tetapi juga penanaman nilai-nilai moral dan spiritual. Keywords: anak, nilai spiritual, pengenalan puasa
Copyrights © 2024