Abstrak. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa kelas II belum optimal. Hal ini disebabkan pembelajaran dilaksanakan guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan antusias siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan media 3 . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen pretest-postets dengan one group pre test-post test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas II sebanyak 12 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 10 butir. Data hasil belajar dianalisis dengan mencari rata-rata nilai dan uji t. Hasil penelitian menunjukan pada pre test rata-rata nilai hasil belajar mencapai 66,67 pada post test mengalami peningkatan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 84,17 . Hasil uji t terhadap hasil belajar yag diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan adanya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II melalui penerapan media 3D secara signifikan Kata Kunci: Media pembelajaran, Hasil Belajar, Efektivitas
Copyrights © 2024