Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2024): April 2024 : Lentera Anak

EFEKTIFITAS MEDIA 3D BANGUN DATAR DAN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II

Hidayah, Samrotul (Unknown)
Shabilla, Villa Shal (Unknown)
Indira, Wendy (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian  ini  dilakukan  karena  hasil  belajar  matematika  siswa  kelas II belum optimal. Hal  ini  disebabkan  pembelajaran dilaksanakan  guru belum  menggunakan media  pembelajaran  yang dapat   menumbuhkan   antusias   siswa   dalam belajar. Penelitian   ini bertujuan untuk meningkatkan   hasil   belajar matematika melalui   penerapan media 3 . Jenis penelitian yang  digunakan  adalah  penelitian eksperimen pretest-postets dengan one group pre test-post test design. Subjek  penelitian adalah   siswa   kelas II  sebanyak   12 orang.   Pengumpulan   data menggunakan  metode  tes  berbentuk pilihan  ganda  dengan  jumlah  soal sebanyak  10  butir.  Data  hasil  belajar  dianalisis  dengan  mencari  rata-rata  nilai  dan  uji t. Hasil  penelitian menunjukan pada pre test rata-rata  nilai  hasil belajar  mencapai  66,67 pada  post test mengalami  peningkatan rata-rata  nilai hasil  belajar  mencapai 84,17 . Hasil uji t terhadap  hasil belajar yag diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat  disimpulkan adanya meningkatkan  hasil belajar  matematika siswa  kelas  II melalui penerapan media 3D  secara signifikan  Kata Kunci: Media pembelajaran, Hasil Belajar, Efektivitas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jla

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lentera Anak merupakan jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini yang diterbitkan berkala setiap 6 bulan sekali oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. jurnal ini berisikan tentang hasil penelitian, hasil kajian ...