Implementasi perubahan kebijakan pendidikan, termasuk kurikulum, merupakan proses yang kompleks. Sama halnya dengan peserta didik yang belajar sesuai dengan kesiapan dan tahap capaian mereka, pendidik dan satuan pendidikan juga belajar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing dan terus meningkatkan kemampuannya. Kajian akademik ini menjelaskan dasar-dasar, landasan empiris, dan kerangka konseptual dalam merumuskan dan merancang Kurikulum Merdeka, serta strategi implementasi kurikulum baru yang krusial bagi keberhasilan kebijakan pendidikan. Penelitian menunjukkan bahwa tahapan implementasi Kurikulum Merdeka berfungsi sebagai alat refleksi diri bagi pendidik dan satuan pendidikan, bukan untuk menilai kinerja atau karier mereka. Dukungan dari pimpinan dan pemerintah daerah penting untuk mendukung peningkatan implementasi secara bertahap, dengan fleksibilitas tahapan yang memungkinkan pendidik memulai dan berkembang sesuai kondisi mereka, sambil mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran dan asesmen. Langkah-langkah implementasi meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta memerlukan perencanaan yang jelas, substansi kurikulum yang relevan, kompetensi pendidik, dan iklim serta budaya sekolah yang mendukung.
Copyrights © 2023