Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2023)

TAHAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SESUAI KESIAPAN PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIK

Saroh, Siti (Unknown)
Quraini, Arofah Nur (Unknown)
Aprilia, Isa (Unknown)
Setiyatna, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Implementasi perubahan kebijakan pendidikan, termasuk kurikulum, merupakan proses yang kompleks. Sama halnya dengan peserta didik yang belajar sesuai dengan kesiapan dan tahap capaian mereka, pendidik dan satuan pendidikan juga belajar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing dan terus meningkatkan kemampuannya. Kajian akademik ini menjelaskan dasar-dasar, landasan empiris, dan kerangka konseptual dalam merumuskan dan merancang Kurikulum Merdeka, serta strategi implementasi kurikulum baru yang krusial bagi keberhasilan kebijakan pendidikan. Penelitian menunjukkan bahwa tahapan implementasi Kurikulum Merdeka berfungsi sebagai alat refleksi diri bagi pendidik dan satuan pendidikan, bukan untuk menilai kinerja atau karier mereka. Dukungan dari pimpinan dan pemerintah daerah penting untuk mendukung peningkatan implementasi secara bertahap, dengan fleksibilitas tahapan yang memungkinkan pendidik memulai dan berkembang sesuai kondisi mereka, sambil mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran dan asesmen. Langkah-langkah implementasi meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta memerlukan perencanaan yang jelas, substansi kurikulum yang relevan, kompetensi pendidik, dan iklim serta budaya sekolah yang mendukung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jla

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lentera Anak merupakan jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini yang diterbitkan berkala setiap 6 bulan sekali oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. jurnal ini berisikan tentang hasil penelitian, hasil kajian ...