Pembelajaran pada anak usia dini adalah kegiatan belajar yang bebasis pda permainan. Sehingga membutuhkan pemilihan media pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan anak yakni media digital agar lebih menarik. Wordwall merupakan media interaktif dalam mengenalkan teknologi sejak usia dini. Melalui wordwall anak dapat kemampuan penyesuaian diri anak pada pembelajaran meningkat. Penelitian dilaksanakn pada KB Bina Bahari Donorojo Jepara dengan sampel sebanyak 22 anak yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data didapatkan dari pre-test dan post-test yang diolah menggunakn uji homogenitas unutk menentukan kesamaan sampel serta uji paired t-test unutk mengetahui pengaruh wordwall pada kemampuan penyesuaian diri anak dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall di kelas B 1 berjalan dengan sangat baik, terbukti dari hasil observasi pada pertemuan pertama dan kedua yang mengalami peningkatan signifikan; (2) peningkatan penyesuaian diri peserta didik di kelas B 2 menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami penyesuaian diri yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol setelah menerima perlakuan (treatment); (3) berdasarkan hasil analisis statistik SPSS, terdapat pengaruh positif dari media pembelajaran interaktif Wordwall dalam meningkatkan penyesuaian diri peserta didik di kelas B 2.
Copyrights © 2022