Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin memudarnya pemuda dan asas-asas pada penguatan profil pelajar pancasila di SMP PGRI Poopo Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguatan profil pelajar pancasila pada siswa. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus utama penelitian ini mencakup indikator penguatan profil pelajar pancasila yang sub indikatornya terdiri dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan reatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penguatan profil pelajar pancasila pada siswa di SMP PGRI Poopo dengan menerapkan dimensi yang ada sudah sangat optimal, pembentukan karakter positif pada siswa sudah mampu diterapkan oleh guru, permasalahan yang terjadi sudah dapat diatasi dengan baik, serta kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah sudah berjalan sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024