Kurikulum merupakan ruh dalam penyelenggaraan proses pembelajaran di satuanpendidikan, sehingga adalah hal yang wajar jika terus terjadi perbaikan dan tranformasipada sebuah kurikulum. Saat ini, kurikulum merdeka dicetuskan sebagai bagian solusiuntuk memperbaiki pengajaran dan pembelajaran di Indonesia. Kurikulum merdeka inierat kaitannya dengan konsep merdeka belajar yang memberikan keluwesan belajar padapeserta didik. Artikel ini bertujuan untuk membahas bagaimana konsep kurikulummerdeka, khususnya di jenjang PAUD.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaandigunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa konsepkurikulum merdeka memungkinkan peserta didik menjadi pusat pembelajaran yangberkesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dengan tuntunan seorangpendidik. Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yangdapat mendukung konsep “merdeka belajar” pada peserta didik. Profil pelajar pancasilajuga menjadi inovasi dalam kurikulum merdeka, mencakup 6 dimensi. Penilaian dan hasilbelajar pada kurikulum merdeka mengacu pada standar acuan Standar NasionalPendidikan yang kemudian disebut sebagai capaian pembelajaran, mencakup nilai-nilaiagama dan karakter, identitas diri atau jati diri, serta dasar-dasar literasi dan STEAM(sains, teknologi, teknik, seni dan matematika)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024