Jurnal Ilmiah Sultan Agung
Vol 3, No 3 (2024): September 2024

EKSPLORASI HUBUNGAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KOMPLEKS

Putri, Evana Purwagana (Unknown)
Aminudin, Mohamad (Unknown)
Ubaidah, Nila (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana literasi digital mempengaruhi kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika kompleks. Selain itu, penelitian ini juga berupaya menganalisis peran penting komponen-komponen literasi digital, seperti kemampuan mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi digital, dalam proses penyelesaian masalah matematika. Dengan memetakan tantangan dan peluang yang dihadapi siswa, penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang relevan untuk pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi digital siswa dalam konteks matematika. Penelitian ini menggunakan kerangka langkah-langkah Polya, yang meliputi memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan perhitungan, dan memeriksa kembali jawaban. Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, literasi digital menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, terutama dalam konteks pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas VIII di SMP N 6 Ungaran, yang dipilih berdasarkan tingkat literasi digital mereka. Masing-masing kategori literasi digital (tinggi, sedang, dan rendah) diwakili oleh dua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan literasi digital tinggi mampu memenuhi keempat indikator Polya dengan baik dan secara efektif memanfaatkan alat digital seperti ChatGPT dan Brainly untuk mendukung proses penyelesaian masalah. Siswa dengan literasi digital sedang menunjukkan kemampuan yang memadai tetapi kurang optimal dalam penggunaan teknologi digital. Sementara itu, siswa dengan literasi digital rendah mengalami kesulitan yang signifikan dalam semua tahapan pemecahan masalah. Temuan ini menegaskan pentingnya literasi digital dalam pendidikan matematika dan perlunya peningkatan literasi digital di kalangan siswa SMP. Kata kunci: Literasi digital, Masalah Matematika Kompleks, Tahapan Polya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIMU

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Sultan Agung (JISA) merupakan jurnal untuk memfasilitasi publikasi karya ilmiah mahasiswa yang terbit secara berkala dalam satu tahun setiap Maret dan September. JISA melingkupi bidang keilmuan Teknik, Kesehatan, Humaniora, Ekonomi dan ...