Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam

KONSEP ULUL ALBAB DAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Mariani (Unknown)
M. Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Konsep ulul albab adalah seseorang yang memiliki pemahaman mendalam, kebijaksanaan, dan integritas moral yang tinggi. Sementara teori multiple intelligences oleh Howard Gardner menjelaskan bahwa setiap individu memiliki berbagai jenis kecerdasan. Penelitian ini menggunakan studi literature dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ulul Ulbab yang bersinergi dengan teori multiple intelligences menjadi pilihan paradigma dalam pendidikan Islam. Keduanya mendorong pembentukan manusia yang tidah hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki keseimbangan spiritual, emosional, dan sosial. Pembelajaran yang didesain dengan memperhatikan fitrah “kecerdasan” manusia yang menjadi wahana untuk membangun iklim yang dimungkinkan tumbuh dan berkembangnya aspek dzikir, fikir, dan amal shaleh diproyeksikan mampu untuk membentuk sosok manusia ideal, manusia ulul albab. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pendidikan agama islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dasar islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dhabit

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang dimuat disini merupakan hasil penelitian, kajian dan gagasan di bidang pendidikan Islam dari para guru Pendidikan Agama Islam, pengawas PAI, dosen, pejabat dan pemerhati pendidikan Islam terutama Pendidikan Agama Islam di ...