Pembelajaran diferensiasi menjadi penting karena di dalam penerapannya mengakui perbedaan individual siswa dan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Penerapan pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI materi Dakwah, Khutbah, dan Tablig di SMA Negeri 1 Cilacap dilakukan melalui beberapa langkah-lagkah praktis yaitu memahami capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, merancang modul ajar. melakukan kegiatan pembelajaran, dan diakhiri dengan refleksi kegiatan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI materi Dakwah, Khutbah, dan Tablig di SMA Negeri 1 Cilacap meliputi dakwah melalui ceramah, dakwah melalui lagu dan alat musik, dakwah melalui saripati lantunan ayat al-Qur’an, dakwah melalui acara talkshow, dan dakwah melalui pantun. Sedangkan dampak yang dihasilkan dari Penerapan pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI materi Dakwah, Khutbah, dan Tablig di SMA Negeri 1 Cilacap yaitu (1) siswa dapat mengekspresikan berdasarkan minatnya, (2) pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, (3) memunculkan kreativitas para siswa, (4) menjadikan pembelajaran lebih berkesan, dan (5) meningkatkan peran aktif para siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024