Pembelajaran berbasis proyek diorientasikan untuk mewujudkan pembelajaran bermakna melalui pengalaman yang diperoleh dari pelaksanaan proyek perkuliahan. Salah satu tujuan dari pengembangan dan implementasi model pembelajaran tersebut dalam dunia pendidikan adalah untuk mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kecakapan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi reflektif mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan melalui model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah informasi tentang persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang diperoleh daro 20 orang mahasiswa. Pengumpulan Data dilakukan melalui kegiatan wawancara dan data tersebut selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan sebagai hasil dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diuraikan bahwa rata-rata mahasiswa yang dijadikan sebagai informan penelitian memberikan persepsi bahwa model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang dapat mewadahi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar melalui pelaksanaan proyek pembelajran, serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024