Tanfidziya: Journal of Arabic Education
Vol. 3 No. 02 (2024)

تحليل مشكلة فى فهم التعليم من كتاب نحو الواضح المكثف للطلاب المستوى الثاني بالمعهد الجامعة الامين الإسلامية برندوان

Septian, Reza (Unknown)
Ramadhan, Yusfar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah apa saja yang menjadi faktor kesulitan para mahasantri dalam pembelajaran kitab nahwu al-wadih mahasiswa semester dua IDIA Prenduan dan juga bagaimana solusi mengatasi kesulitan pemahaman mahasantri semester dua IDIA Prenduan terhadap pembelajaran kitab nahwu al-wadih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor kesulitan para mahasantri dalam pembelajaran kitab nahwu al-wadih mahasiswa semester dua IDIA Prenduan dan juga untuk mengetahui peranan program perkuliahan pagi dalam mengatasi kesulitan pemahaman mahasantri semester dua IDIA Prenduan terhadap pembelajaran kitab nahwu al-wadih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang penelitianya dapat digunakan untuk meneliti ketika kondisi obyek yang alamiah. Metode penelitian kualitatif dapat digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, data yang akurat. Hasil dari penelitian ini adalah yang menjadi faktor kesulitan pemahaman mahasantri dalam pembelajaran kitab nahwu al-wadih yaitu kurangnya hafalan kosa kata bahasa Arab, penjelasan yang tidak fokus terhadap judul materi yg diajarkan, kitab yang diajarkan tidak berharakat. Adapun solusi yg dapat mengatasi kesulitan dalam memahmi kitab nahwu adalah hendaknya para guru materi nahwu lebih memfokuskan judul materi yang diajarkan, dapat mengartikan mufrodhat, untuk bagian akademik pagi dapat memisahkan kelas antara yang sudah pernah masuk pondok pesantren dengan yang tidak sama sekali.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tanfidziya

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, ...