Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pre-test post-test, penelitian ini melibatkan 30 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Data diperoleh melalui tes pre-test dan post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata siswa dari 65.2 pada pre-test menjadi 82.7 pada post-test, dengan nilai t sebesar -9.43 dan p < 0.001, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Uji prasyarat yang mencakup uji normalitas dan uji homogenitas juga memenuhi asumsi distribusi normal dan homogenitas variansi data. Hasil ini menunjukkan bahwa media video animasi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pendidik dalam mengimplementasikan teknologi visual dalam pembelajaran sains, khususnya pada konsep-konsep biologi yang kompleks
Copyrights © 2021