PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 3 No. 01 (2025): JANUARI 2025

PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS TERKAIT MATERI LIVING AND NON-LIVING THINGS DENGAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS 4 SD N 1 KAWAN

Setiawan, I Made Ari (Unknown)
Putra, I Putu Andika Subagya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Artikel ini membahas pendampingan belajar bahasa Inggris pada materi “Living and Non-Living Things” menggunakan media flashcard di kelas 4 SD N 1 Kawan. Pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat sekolah dasar bertujuan untuk memperkuat kemampuan komunikasi global siswa melalui pendekatan yang efektif dan menyenangkan. Flashcard digunakan sebagai alat bantu visual untuk membantu siswa memahami dan mengingat konsep dasar tentang makhluk hidup dan benda mati. Selain itu, pendampingan intensif dari guru memainkan peran penting dalam memastikan pemahaman siswa, sesuai dengan teori konstruktivisme yang menekankan partisipasi aktif siswa. Dengan melibatkan siswa dalam aktivitas interaktif seperti diskusi dan pengelompokan gambar, pembelajaran menjadi lebih dinamis dan menarik. Pendekatan ini terbukti membantu siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami kosakata serta menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Melalui strategi ini, diharapkan siswa mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara signifikan sambil menikmati proses belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...