Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemahaman teks bahasa Inggris antara siswa laki-laki dan perempuan kelas dua di sekolah menengah pertama. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman teks antara kedua kelompok tersebut. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Sampel penelitian terdiri dari 100 siswa yang dipilih secara acak, yang terdiri dari 50 siswa laki-laki dan 50 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman membaca yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, tidak ada perbedaan signifikan antara kemampuan pemahaman teks bahasa Inggris siswa laki-laki dan perempuan. Meskipun demikian, terdapat perbedaan kecil dalam beberapa aspek, seperti kecepatan dalam menjawab pertanyaan, yang cenderung lebih tinggi pada siswa perempuan. Temuan ini memberikan wawasan tentang pengajaran bahasa Inggris yang lebih inklusif, tanpa mengedepankan stereotip gender dalam kemampuan akademik.
Copyrights © 2024