Penelitian ini untuk mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan di Kantor Camat Setia Kabupaten Aceh Barat Daya. Lokasi dalam penelitian ini adalah Kantor Camat Setia yang terletak di Jalan Jl. Lintas Barat Sumatera, Lhang, Kec. Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang datang ke Kantor Camat Setia yang membutuhkan pelayanan pegawai Kantor Camat Setia Kabupaten Aceh Barat Daya. sedangkan yang menjadi Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang yang datang ke Kantor Camat Setia yang membutuhkan pelayanan pegawai Kantor Camat Setia Kabupaten Aceh Barat Daya yang ditentukan secara acak (Random Sampling). Untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan metode analisis kualitatif yaitu suatu analisis data yang diolah dalam bab-bab pembahasan melalui argumen dan disertai dengan pendapat para ahli untuk menggambarkan kesimpulan. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert, dimana tiap jawaban diberi skor 1 sampai dengan 5. Hasil penelitian didapatkan bahwa Kualitas Pelayanan, Standar Pelayanan, Sumber Daya Manusia/Pegawai, dan keadilan Mendapatkan Pelayanan, benar mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada pelayanan di kantor Camat Setia Kabupaten Aceh Barat Daya. Hasil jawaban responden variabel kepuasa masyarakat dapat disimpulkan bahwa dari ketiga indikator pertanyaan dari tiap-tiap variabel yang diajukan kepada responden lebih banyak yang menjawab sangat setuju dan setuju daripada netral, tidak setuju dan sangat tidak setuju.
Copyrights © 2025