Pengembangan E-LKPD matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan platform liveworksheet dapat memungkinkan pembelajaran interaktif, dan menarik sehingga mempengaruhi tingkat kognitif siswa menjadi bertambah, dan membuat proses pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan, keefektifan, dan kelayakan media E-LKPD berbasis masalah berbantuan liveworksheet. E-LKPD ini dirancang untuk membantu proses pembelajaran siswa pada materi pecahan senilai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrument pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner). Subjek penelitian yaitu guru dan 8 peserta didik kelas 4 SDN Gondosuli IV Kab. Probolinggo. Analisis data pada tahap penelitian pengembangan meliputi teknik analisis data kualitataif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji kelayakan memperoleh 93,91%, uji kepraktisan 92,75%, dan uji keefektifan 73,46%. Disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran dan mampu membantu siswa dalam memahami materi yang ditunjukkan pada peningkatan hasil belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024